5 Kiat Meningkatkan Produktivitas Agar Omzet Meroket

Dalam menjalankan sebuah bisnis atau usaha, baik yang kecil-kecilan maupun yang besar seperti produksi kerupuk, kue, atau sepatu massal pasti ada rahasia sukses menaikan omzet di balik perjuangannya. Rahasia itu bisa jadi hanya dimiliki oleh sebagian pengusaha sukses.

Namun, ada juga pengusaha yang mau membagikan rahasis suksesnya kepada khalayak. Dan, terkadang kita kaget sendiri ketika mendengar perjuangan seorang pengusaha yang sukses. Ternyata perjuangannya tidak mudah. Terkadang menanjak dan penuh rintangan. Tak ayal juga membuat kita mesti rela mengorbankan segala hal, mulai dari waktu, harta, dan keluarga.

Perkembangan bisnis yang semula beromzet rendah perlahan bisa meningkat secara sampai pada tahap yang signifikan. Produktivitas kerja yang maksimal menjadi salah satu kunci penting dalam menjalankan usaha atau bisnis yang sukses. Apalagi, dalam mengelola sumber daya manusia yang notabene menjadi penggerak bagi keberlangsungan bisnis dan usaha kita. Berikut ini 5 Kiat Meningkatkan Produktivitas Kerja Agar Omzet Usahamu Meroket:

Omzet meroket dengan Orientasi bisnis berjangka

Setiap bisnis atau usaha mesti memiliki orientasi. Di sanalah kita menaruh target dan harapan apa saja yang mesti diraih. Tentu, bisnis bukan semata-mata soal mencari untung. Tapi bagaimana melipatgandakan modal dan keuntungan yang diperoleh agar lebih memiliki manfaat yang besar ke depannya. Maka dari itu, buat kamu yang mau meningkatkan produktivitas kerja dalam bisnis, kamu bisa mulai buat orientasi atau target bisnis jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang.

Orientasi jangka pendek berarti kamu harus mempersiapkan segala hal untuk mencapai target terdekat, misalnya, memperluas pasar dua kali lipat maka kamu harus siap membuat produksi dua kali lipat. Untuk jangka menengah, misalnya kamu ingin memiliki lebih dari satu outlet untuk memasarkan produkmu, membuka cabang, atau membangun kerja sama dengan pihak lain.

Sedangkan untuk jangka panjang diarahkan pada hal yang sifatnya lebih mendasar, semisal membuat target memperluas varian produksimu atau menambah produk lain dalam rangka menunjang bisnis awal yang sudah berjalan.

Baca Juga: Bagaimana agar Bisnismu Lancar dan Cepat Meroket? Ini Tipsnya!

Meningkatkan sumber daya manusia dan tim yang solid

Tanpa adanya sumber daya manusia berkualitas dan tim yang solid kita akan kewalahan mengurusi bisnis dan usaha. Maka dari itu, manajemen SDM yang baik akan membuat bisnismu lancar. Carilah SDM yang mumpuni dan memahami pekerjaan sesuai spesialisasinya. Kamu juga bisa memberikan pelatihan secara berkala untuk meng-upgrade kemampuan mereka dan senantiasa memberikan perhatian terhadap mereka.

Jika SDM yang terlibat dalam usahamu merasa terlindungi, termanusiakan, dan senantiasa dihargai kinerjanya maka bukan tak mungkin mereka akan menjadi SDM yang solid dan loyal terhadap pekerjaannya. Dan pastinya bisnismu bakal berjalan baik dengan produktivitas karyawan yang prima.

Pastikan produk sudah tepat sasaran

Menjual sebuah produk haruslah tepat sasaran. Karena setiap barang yang diproduksi sejatinya untuk memenuhi kebutuhan konsumen atau pasar. Pasar di sini bisa kita tentukan sebagai tempat kita untuk mendistribusikan produk yang kita jual. Produk yang tepat sasaran, misalnya, jika kamu ingin bisnis kuliner maka pastikan tempat outlet atau warungmu berada di area yang tepat, seperti perkantoran atau tempat wisata.

Jika usahamu adalah berjualan ATK, buku, dan sebagainya maka pilihlah lokasi yang dekat dengan sekolah atau kampus. Dengan produk yang tepat sasaran ini kamu bisa pastikan omzet per hari yang kamu dapatkan. Selain itu, kamu pun bisa mengakumulasi dan memperkirakan kebutuhan konsumen terhadap barang yang kamu produksi.

Terapkan strategi pemasaran yang efektif

Strategi pemasaran saat ini tersedia dalam ragam model. Bergantung bagaimana kamu mau menjalaninya. Saat ini strategi pemasaran tidak cukup hanya dari mulut ke mulut atau mengandalkan para konsumen langganan. Maka, strategi-strategi jitu terbaru perlu diterapkan. Misalnya saja dengan pengiklanan secara masif di media sosial, blog, Youtube, dan sebagainya. Kamu juga bisa mengoptimalkan mesin pencari untuk mengidentifikasi kebutuhan pasarmu. Dengan begitu, penjualan perlahan akan makin meroket.

Buka pasar baru dan jejaring sebanyak-banyaknya

Membuka pasar baru berarti menciptakan produk baru yang sesuai dengan kebutuhan pasar tersebut. Jika kamu merasa berada dalam satu bisnis itu berjalan lambat, maka kamu mesti mencoba beberapa alternatif pasar lain sehingga bisa melakukan ekspansi. Selain itu, membuka pasar baru juga penting agar kamu bisa memperoleh ceruk pasar yang lebih luas dan keuntungan yang lebih besar. Selain membuka pasar baru, kamu juga mesti membangun jejaring secara luas.

Jejaring itu bisa saja berupa pertemanan, jejaring antarklien, jejaring antarpelanggan, jejaring pengusaha dengan pemerintah, atau jejaring antarpengusaha. Dengan luasnya jejaring, kemungkinan produkmu untuk bisa dikenal banyak orang sangat besar. Bahkan, jejaring itu bisa menjadi mitra bisnismu. Sehingga omzet bisnismu bisa makin meroket tinggi.

Nah, demikian 5 Kiat Meningkatkan Produktivitas Kerja Agar Omzet Usahamu Meroket. Dalam berbisnis yang perlu kamu perhatikan adalah perjuangan dan usaha yang keras. Tidak boleh setengah-setengah. Karena bisnis yang dijalankan dengan setengah-setengah akan sulit untuk berkembang. Maka dari itu, terapkan 5 kiat di atas dengan sepenuh hati. Semoga bisnis dan usahamu lancar dan sukses!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here