5 Kerja Sampingan yang Cocok Buat Anak SMA dan SMK

Memikirkan ide bisnis yang memang kadang membuat kita pusing. Apalagi, jika belum tahu mau bisnis apa yang bisa menguntungkan dan menjanjikan bakal kembali modal dalam waktu cepat. Tentu saja, punya penghasilan dari kerja sampingan dari hasil jerih payah sendiri menjadi impian setiap orang. Tak terkecuali kamu yang saat ini masih duduk di bangku SMA dan SMK.

Sebenarnya, saat ini ada banyak sekali pilihan ide usaha kreatif yang bisa dilakukan anak SMA dan SMK untuk memulai bisnisnya. Malah, ada beberapa bisnis yang hanya memerlukan modal kecil tapi menguntungkan. Namun, sebagai anak sekolahan yang terpenting adalah bagaimana menggapai prestasi belajar. Sementara untuk berbisnis biasanya butuh waktu, tenaga, dan pikiran yang besar.

Sehingga, mesti diperhitungkan kira-kira bisnis apa yang bisa dilakukan di tengah waktu luang selepas sekolah. Di sini ada pembelajaran tambahan ketika mesti memanfaatkan waktu luang untuk hal bermanfaat dan kegiatan positif. Jika itu bisa dilakukan dengan baik, tentu tak akan mengganggu prestasi belajar di sekolah. Malah yang ada sebaliknya, prestasi belajar bisa makin meningkat karena otak sudah terbiasa berpikir.

Nah, maka dari itu, bisnis yang paling mudah dan mungkin dilakukan oleh anak SMA dan SMK adalah kerja sampingan. Bisa berupa bisnis jasa hingga memanfaatkan media sosial, seperti Youtube, Instagram, dan Facebook. Kira-kira apa saja ya yang bisa menjadi proyek bisnis atau kerja sampingan untuk anak SMA dan SMK. Nah, ini dia 5 kerja sampingan yang cocok untuk anak SMA dan SMK.

Jasa Desain

Hal yang mungkin anak SMA dan SMK lakukan yang pertama adalah jasa desain. Kebutuhan desain grafis di era sekarang ini cukup besar. Sehingga pasarnya pun cukup menjanjikan. Sementara untuk membuat desain yang bagus, tidak semua orang bisa. Sehingga, buat kamu yang punya keahlian dalam menggunakan aplikasi Corel Draw, Photoshop, Ilustrator, atau InDesign perlu memanfaatkan peluang ini.

Untuk satu gambar saja kamu bisa patok harga yang lumayan lho, karena bisnis ini masih sangat jarang yang bisa. Waktu pengerjaan pun bebas sehingga bisa kamu sesuaikan dengan aktivitas sekolahmu.

Jasa Menulis Artikel dan Penerjemah

Nah, kerja sampingan kedua adalah jasa menulis artikel dan penerjemah. Menulis artikel untuk keperluan blog, website, dan media sosial kini juga bisa menjadi pilihan. Biasanya untuk menulis artikel disesuaikan dengan latar belakang penulisnya. Maka, untuk konten-konten anak sekolah, mulai dari motivasi, curcol, hingga pembelajaran, bisa menjadi lahan garapan kamu.

Begitu juga dengan penerjemah. Jika kamu jago bahasa Inggris, lahan ini bisa menjadi pilihan yang menjanjikan. Untuk kedua jasa ini, kamu hanya memerlukan perlengkapan seperti laptop atau gadget yang bisa digunakan untuk menulis dan tersambung dengan internet. Cukup mudah, bukan.

Blogger

Selain bisnis jasa, kamu juga bisa memanfaatkan platform seperti blog untuk mendapatkan penghasilan lho. Jika kamu rajin membuat konten yang menarik dan sesuai kebutuhan konsumen, blogmu bisa ramai dikunjungi dan bisa mendapatkan pasif income dari situ. Selain itu, jika kamu sudah punya pembaca tetap yang jumlahnya banyak, kamu bisa pasang-pasang iklan atau liputan khusus mengenai suatu tempat, wisata, kuliner, hotel, dan sebagainya.

Untuk lebih melancarkan project blog kamu, kamu bisa bergabung dengan berbagai komunitas blog. Dengan bermodal laptop atau gadget, rajin update konten blog, dan jejaring komunitas, menjadi seorang blogger akan sangat menguntungkan dan menjanjikan. Kamu juga jadi punya banyak teman.

Baca Juga: 15 Peluang Usaha Online Paling Menjanjikan di Tahun 2020

Youtuber

Selanjutnya adalah menjadi Youtuber. Jika kamu tipe orang yang suka ngevlog, bikin konten video menarik, seperti cover lagu atau membuat film-film pendek, kamu bisa memanfaatkan platform Youtube. Dengan konten yang menarik, kreatif, dan berkualitas, di sana kamu bisa mendapatkan banyak pemirsa sehingga bisa pasang AdSense. Nah, AdSense inilah yang bakal menjadi pasif income kamu.

Tentu saja di era saat Youtuber begitu banyak bermunculan, maka kamu harus menghadirkan ide-ide baru dalam kontenmu. Sedikit sentuhan kreativitas dan editing video dengan kualitas gambar ciamik bakal membantu traffic viewers kamu sehingga penghasilan makin bertambah.

Reseller dan Dropshipper

Dengan memanfaatkan media sosial, kamu sekarang sudah bisa menjadi pebisnis. Bahkan tanpa modal yang besar. Kini, kamu bisa pakai pola reseller dan dropshipper. Disarankan agar memilih produk dagang yang mudah dijual, seperti makanan dan minuman. Beberapa penjual produk seperti minuman botolan segar, camilan, seblak, baso aci, dan sebagainya bisa kamu ajak kerja sama dengan dua sistem tersebut.

Sistem reseller biasanya mengharuskan kamu menyetok produk meski sedikit. Sedangkan pola dropshipper, kamu tak perlu keluar banyak modal. Karena modal promosi saja sudah cukup. Keuntungan 10 persen-30 persen dari harga produk bisa kamu dapatkan.

Demikianlah 5 kerja sampingan yang cocok untuk anak SMA dan SMK. Semua bisnis bisa berjalan dan maju jika dimulai dengan niat, yakin, dan usaha yang keras. Semua kembali kepada pilihanmu, mau memberikan produk jasa atau jualan produk. Selamat memulai, semoga sukses.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here