7 Ide Menarik untuk Membuka Bisnis Coffee Shop

Selain bisnis kuliner dan startup, Coffee shop alias kedai kopi adalah salah satu ladang bisnis yang bakal ramai di tahun 2020. Diperkirakan bisnis ini bakal terus jadi primadona bagi kalangan masyarakat menengah ke atas. Coffee shop menjadi tempat bagi berbagai aktivitas masyarakat di era digital ini. Hal ini bukan tanpa alasan.

Masyakarat Indonesia sudah sejak lama dikenal sebagai masyarakat penggemar kopi. Minum kopi seolah sudah menjadi rutinitas harian yang tak boleh ketinggalan. Dalam sehari, orang Indonesia bisa dua sampai tiga kali menenggak seduhan kopi. Baik yang alami alias kopi tubruk sampai yang olahan.

Alasan lain yang membuat bisnis coffee shop ini bakal melejit adalah masyarakat Indonesia banyak yang merindukan pertemuan yang berkualitas. Pastinya, di era digital semacam ini, dalam kehidupan sehari-hari pasti banyak mencurahkan waktu untuk obrolan online via grup chatting atau bermain media sosial. Singkatnya, kita selalu terhubung dengan jaringan internet sehingga begitu jarang melakukan pertemuan langsung.

Namun, karena sudah banyak yang membuka bisnis coffee shop hampir di setiap sudut kota dan pinggir jalan, kamu perlu ide baru yang segar dan mampu menarik konsumen agar sudi mampir di warung kopimu nantinya. Nah, beberapa ide itu saya rangkum dalam artikel yang sedang kamu baca ini. Berikut ini 7 Ide Menarik untuk Membuka Bisnis Coffee Shop yang bisa kamu praktikkan dalam mengembangkan bisnismu.

Baca Juga : 5 Kiat Meningkatkan Produktivitas Agar Omzet Meroket

Menghadirkan variasi menu yang menarik

Variasi menu jadi salah satu andalan bagi setiap warung kopi. Menu yang itu-itu saja bakal sangat membuat pengunjung bosan. Terkadang menu yang bervariasi saja masih membuat pengunjung bingung harus pilih yang mana. Terlebih lagi pengunjung coffee shop sekarang lebih suka sesuatu yang tiddak konvensional. Sebab itulah variasi menu yang menarik dengan tampilan gambar, daftar harga, dan nama-nama yang unik bisa membuat pengunjung tidak bosan.

Sajikan produk makanan dan minuman yang ikonik

Nah, ketika pengunjung bingung mau pilih menu yang mana, pastikan kamu menawarkan berbagai alternatif produkmu. Salah satunya dengan menawarkan menu ikonik. Menu khusus yang sangat khas dan identik dengan coffee shop-mu. Produk bisa berupa makanan dan minuman yang bisa kamu sajikan dalam bentuk paket. Ini bakal menjadi kesan tersendiri buat pengunjung yang datang ke coffee shop-mu.

Buat tampilan coffee shop-mu instagramable

Selain ketersediaan menu yang bervariasi dan produk yang ikonik, hal yang tak boleh luput adalah soal tampilan coffe shop-mu. Nah, di zaman sekarang ini pengunjung tidak hanya mencari tempat duduk yang nyaman juga mencari spot untuk bisa berfoto.

Terkadang pertemuan-pertemuan bersama sahabat, pasangan, atau klien di coffe shop-mu sangat penting untuk diabadikan. Pentingnya tampilan yang Instagramable adalah untuk menarik pengunjung, kemudian kamu bisa dapat keuntungan dengan iklan gratis lewat unggahan mereka di media sosial.

Paket hemat dan diskon bervariasi

Diskon adalah salah satu cara menarik minat pembeli. Tapi, jangan cuma diskon seperti biasa. Kamu bisa menerapkan beberapa trik diskon untuk produk-produk di coffee shop-mu. Misalnya diskon untuk produk tertentu pada hari-hari tertentu saja. Atau, kamu bisa memberikan diskon spesial sebesar 10 persen untuk pengunjung yang mau meng-upload fotonya di coffee shop-mu di media sosialnya.

Ini salah satu trik iklan yang murah meriah. Kamu juga bisa menawarkan paket hemat. Yaitu pembelian sejumlah produk dalam bentuk dengan harga yang lebih murah. Selain itu tentu masih banyak lagi trik diskon yang bisa kamu pakai untuk menarik pengunjung datang lagi dan lagi.

Sediakan juga menu makanan berat dan ringan

Kadang, pengunjung yang datang tak cuma mau ngopi atau ngobrol santai. Biasanya di jam-jam makan siang atau sore hari pengunjung yang datang juga mau makan berat atau makan cemilan. Sebab itulah, peluang tersebut jangan disia-siakan. Kamu bisa memberikan sederet menu makanan berat dan ringan untuk menambah luas pasar jualmu.

Sediakan book dan reading corner

Sesekali kamu juga mesti memikirkan fasilitas tambahan untuk pengunjung. Misalnya dengan memberikan ruang khusus berupa book and reading corner. Hal ini untuk mengantisipasi ada pengunjung yang datang dan merasa bosan. Jika coffee shop padda umumnya memberikan akses Wi-Fi gratis, cobalah juga dengan menambahkan fasilitas pojok baca atau book and reading corner. Lagipula spot book and reading corner ini juga bisa menjadi spot foto yang Instagramable.

Fasilitasi pengunjung dengan fitur Co-Working Space

Ekosistem kerja di zaman sekarang tidak lagi secara konvensional di kantor. Nah, untuk memfasilitasi para freelancer, pegiat startup, atau karyawan yang bekerja di luar, kamu bisa menambahkan fasilitas co-working space di coffee shop-mu. Menyulap ruangan khusus untuk para pekerja.

Co-working space ini bisa kamu kenakan dengan sistem sewa dengan perusahaan tertentu atau gratis dengan syarat membeli sejumlah produk. adapun yang mesti kamu lengkapi di area co-working space ini selain meja dan kursi adalah jaringan Wi-Fi yang stabil dan terminal listrik untuk mengaliri daya pada perangkat portabel dan gadget yang dibawa pengunjung.

Itulah beberapa ide menarik buat kamu yang mau buka coffee shop agar terlihat beda dari yang lain dan mampu bersaing. Selamat mencoba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here