Pentingnya “Social Distancing” di Tengah Pandemi Covid-19″

Lokabisnis.com – Indonesia saat ini masih dalam laju penyebaran virus Covid-19 yang semakin meningkat, oleh karena itu perlunya social distancing“atau jaga jarak. Sejak publishnya artikel ini, data pantauan COVID-19 yang dihimpun oleh pemerintah pusat menunjukkan bahwa kasus terkontaminasi Covid-19 Nasional mencapai 1986, dengan rincian 1671 masih dirawat, 134 dinyatakan sembuh dan 181 dinyatakan meninggal. (04/04/2020)

Asisten profesor di Fakultas Kedokteran Universitas California, Robert Signer mengatakan jaga jarak fisik atau pembatasan interaksi sosial (social distancing) efektif menekan laju penyebaran virus corona atau Covid-19. Berikut sajian infografis yang bersumber dari katadata;

Infografis pentingnya jaga jarak (Sumber: Katadata)

Berdasarkan infografis diatas, perhitungannya yaitu apabila satu orang terinfeksi yang tidak melakukan langkah jaga jarak bisa menyebabkan 406 orang lainnya tertular pada hari ke-30. Namun, jika dia mengurangi kontak sosial maka akan berkurang 50 persen, jumlahnya menjadi 15 orang pada periode waktu yang sama.

Bahkan, jika kontak sosial satu orang terinfeksi dikurangi hingga 75 persen, laju penyebaran virus corona bisa lebih ditekan lagi, menjadi 2,5 orang pada hari ke-30. Oleh sebab itu, setiap orang perlu menerapkan social distancing atau jaga jarak.

Baca juga: Pentingnya Antibodi Untuk Lawan Virus Corona

Langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk menekan penyebaran Covid-19 yaitu dapat dilakukan dengan cara berikut; Menghindari transportasi publik sebisa mungkin, Menghindari kunjungan ke rumah kerabat, saudara atau teman terutama kelompok lansia, Senantiasa menjaga jarak 2 meter jika berada di tempat umum, Tidak melakukan pergi liburan ke luar negeri atau mudik ke kampung halaman, ini dapat menyebabkan Anda membawa virus kepada keluarga Anda di kampung,

Kurangi pergi ke luar rumah kecuali untuk membeli makanan atau kebutuhan pokok yang sifatnya mendesak, manfaatkan layanan antar makanan sebisa mungkin, Jika berolahraga seperti (yoga, senam, joging, bersepeda) hindari kerumuman atau olahraga yang melibatkan orang banyak.

Itulah yang seharusnya kita lakukan dan mari kita sama-sama mematuhi peraturan pemerintah yang sudah menghimbau untuk #dirumahsaja agar penyebaran Covid-19 tidak menyebar lebih luas. Mari bersama-sama kita lawan corona.

Sumber: Katadata.co.id

3 COMMENTS

  1. kesedaran pentingnya penjarakan sosial perlu ada pada setiap orang dalam menghadapi norma baru… pagi tadi saya gembira tengok rakan yang ingin masuk lif, tapi disebabkan sudah ada orang 9walaupun masih muat untuk dimasuki) tapi dia memilih untuk tunggu seketika

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here