5 Strategi Digital Marketing Yang Cocok untuk Pemula

213

Lokabisnis.com – Dalam dunia bisnis, baik itu pebisnis yang baru membuka usahanya dan pebisnis yang sudah menjalankan usahanya lebih dari setahun, keduanya membutuhkan strategi digital marketing yang tepat agar produk atau jasa yang dijual bisa terjual kepada target buyer yang tepat dan bisa menghasilkan profit untuk usahamu.

Strategi marketing yang tepat bisa membantu brand kamu dikenal oleh banyak orang. Begitu banyak orang yang tahu dan kenal produkmu, mereka akan membeli produk atau jasa yang kamu jual. Untuk itu, mekanisme marketingnya harus tepat dan sesuai dengan perkembangan jaman yang begitu cepat berubah seperti sekarang.

Strategi konvensional seperti memasang iklan reklame di jalan padat lalu lintas, membagikan brosur, atau door to door menawarkan produk dan layanan jasa brand milikmu memang masih memiliki impact bagus tapi dari segi jangkauan tidak maksimal. Untuk itulah, brand milikmu perlu mengadaptasi strategi digital marketing agar usahamu bisa menjangkau pasar potensial yang lebih besar lagi.

Sebelum membahas strategi digital marketingnya, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu apa sih yang dimaksud dengan digital marketing, yuk disimak ulasannya dibawah ini.

Apa itu Digital Marketing?

Pertama, kita bahas pengertian digital marketing terlebih dahulu ya, baru masuk ke sub bab pembahasan strateginya. Jadi, apa aitu digital marketing? Digital marketing adalah usaha marketing yang memanfaatkan teknologi elektronik atau internet. Dalam prakteknya, digital marketing dibagi menjadi banyak cabang ilmu dan media seperti SEO, email marketing, social media marketing, iklan ppc, dan masih banyak lagi.

Strategi Digital Marketing untuk Pemula agar Bisnis Kamu Makin Sukses

Semua pelaku usaha baik itu kelas atas, menengah, dan kecil, mau tidak mau harus mengikuti dan beradaptasi dengan tren digital marketing yang sedang hype di zaman sekarang. Karena banyak sekali keunggulannya, saying sekali apabila pemilik usaha tidak memanfaatkan strategi digital marketing untuk bisnis. Lantas, strategi apa saja yang bisa kamu terapkan? Berikut penjelasan strategi digital marketing lebih lengkapnya:

Strategi Digital Marketing dengan SEO

Strategi pertama yang bisa kamu lakukan adalah memanfaatkan strategi pemasaran melalui Search Engine Optimization (SEO). Apa itu SEO? Mudahmya, strategi ini memungkinkan halaman produk atau jasa di website kamu bisa tampil di halaman 1 google.

Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan trafik gratis melimpah tanpa harus mengeluarkan bujet berlebih untuk memasarkan bisnis kamu.

Dalam penerapannya, SEO dibagi menjadi 2, yaitu; 1). SEO On-Page Optimization dan 2). SEO Off-Page Optimization. Berikut penjelasannya;

SEO On-Page adalah upaya optimasi yang dilakukan di dalam website seperti konten yang sesuai kaidah SEO, speed halaman website yang cepat, website terindeks oleh mesin pencari, navigasi website membantu pengunjung, dan optimasi lainnya.

Sedangkan SEO Off-Page merupakan usaha untuk meningkatkan visibilitas website usaha / bisnis kamu dari luar website seperti membangun backlink relevan dan berkualitas yang mereferensikan website kamu, listing bisnis, share sosial media, review terkait brand milikmu, dan masih banyak lagi.

Strategi Melalui Content Marketing

Peribahasa: “Content is king” juga diterapkan dalam strategi pemasaran digital, dalam hal ini kita mengenal yang namanya content marketing. Dalam strategi pemasaran konten digital, kamu bisa menggunakan media artikel, video, gambar, dan media digital lainnya yang bisa kamu manfaatkan untuk memasarkan bisnis kamu melalui konten tersebut.

Agar pemasaran konten digital sukses, kamu perlu memahami pembuatan konten yang baik, setidaknya kamu harus membuat konten yang relevan dengan brand milikmu, penting untuk diketahui target audiens, dan usahakan konsisten posting kontennya di platform yang kamu tuju entah itu di blog, sosial media, atau media lainnya.

Strategi Melalui Social Media

Hampir semua orang di Indonesia menggunakan platform sosial media setiap harinya. Melihat data ini, kamu bisa memasarkan produk atau jasa bisnis kamu melalui platform tersebut.Buat akun bisnis kamu, upload produk atau jasa, dan promosikan segera.

Dalam strategi pemasaran digital melalui sosmed, kamu perlu melakukan riset agar kontenmu dilihat dan diminati banyak orang seperti mencari hastag yang tepat, membuat distribusi konten yang relevan dan konsisten.

Strategi Melalui Email Marketing

Strategi keempat yang tak kalah powerful adalah memanfaatkan email atau surat elektronik untuk memasarkan produk dan jasa milikmu. Poin yang menjadi kelebihan strategi pemasaran digital ini adalah brand bisa mengirimkan penawaran bisnis ke akun personal pengguna, yaitu email.

Hampir setiap hari, orang-orang mengecek email, dan strategi pemasaran digital melalui email terus berkembang pesar dan terbilang efektif agar produk dan jasamu diketahui banyak orang.

Strategi Melalui Iklan Pay Per Click

Strategi digital marketing terakhir: memasang iklan pay per click (ppc). Salah satu penyedia layanan terbesar periklanan saat ini adalah perusahaan mesin pencari google. Melalui jaringan publisher adsense, google akan menampilkan iklan kamu di blog atau website mitranya, dengan begitu, visibilitas usaha atau bisnismu bisa diketahui banyak orang dalam waktu singkat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here